Kepala BKKBN Minta Seluruh TPK Dilatih Pada Maret 2023

Sabtu 11-02-2023,10:15 WIB
Reporter : Bodok
Editor : Bodok

BACA JUGA:Sekda Sumsel Terima Pengurus LPSK, Bahas Rencana Kerjasama perlindungan Saksi dan Korban

Pelatihan secara daring yang dilaksanakan oleh Pelatihan dan Pengembangan Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara ini diikuti fasilitator terdiri dari OPD KB, Mitra  Teknis  Kabupaten dan kota (Tim Penggerak PKK dan Ikatan Bidan Indonesia /IBI).

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan materi pelatihan mengenai Konsep Dasar Stunting dan 1000 Hari Pertama Kehidupan, Tugas dan Fungsi TPK, Mekanisme Kerja TPK, Kampung Keluarga Berkualitas, serta Komunikasi Antar Pribadi yang dibawakan oleh pelatih fasilitator yang sebelumnya juga telah diberi pembekalan pada Workshop TPK  dalam PPS bagi pelatih fasilitator Tingkat Provinsi pada bulan januari lalu.

Sekretaris BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara Muslimin yang membuka kegiatan mengatakan, workshop ini dijadikan sebagai refreshing untuk penyegaran pengetahuan fasilitator kab/kota.

Dirinya mengatakan hal ini penting karena nantinya para peserta akan melakukan pelatihan yang sama bagi kader  dan TPK di tingkat kecamatan.

BACA JUGA:Kunjungi Pasar Batuphat Timur

Untuk mengukur kemampuan dan kelayakan fasilitator tingkat Kabupaten dan kota dilakukan evaluasi pengetahuan, sikap dan keterampilan melalui rangkaian Pre test dan Post test dengan Grade kelulusan minimal 70.01 dari akumulasi 50 persen dari masing-masing tes.

Nantinya fasilitator yang dinyatakan lulus akan menjadi pelatih untuk 2597 TPK  dengan jumlah peserta sebanyak 7791 orang yang terbagi dalam 156 angkatan di 222 Kecamatan yang tersebar di 17 kab/kota.

Dijadwalkan seluruhnya akan selesai di bulan Maret 2023 dalam kegiatan yang sama pada tingkat kecamatan dengan mekanisme secara tatap muka selama 10 jam pelajaran.

 

Artikel ini telah tayang di laman bkkbn.go.id : Kepala BKKBN Minta Seluruh Tim Pendamping Keluarga Sudah Dilatih Maret 2023

Kategori :