simak, 8 cara mencegah pemanasan global

Selasa 10-01-2023,11:32 WIB
Reporter : dwi
Editor : dwi

Bagimu yang suka berkreasi manfaatkan sampah non organik untuk didaur ulang menjadi produk kerajinan tangan yang indah.

BACA JUGA:Bravo. Polda Sumsel Berhasil Bongkar Sindikat Penimbun Solar di Palembang

Kumpulkan sampah dan buang di tempat yang sesuai dengan peruntukkannya, jika memungkinkan pisahkan yang organik dan non organik.

Sampah organik bisa dimanfaatkan untuk pupuk kompos sedangkan yang non organik bisa diolah kembali menjadi barang yang memberikan manfaat, daripada dibuang sembarangan misalnya ke sungai, danau dan laut terutama yang terbuat dari plastik sungguh akan merusak lingkungan, karena bahan plastik yang asal mulanya dibuat dari minyak bumi ini, baru bisa terurai minimal setelah mencapai waktu 200 tahun

Barang plastik bekas seperti: ember, kemasan cat dinding, botol bekas minuman dan lainnya bisa dipakai ulang atau dikreasikan menjadi pot tanaman yang indah.

Jika tidak mau menggunakannya kembali, segera sumbangkan atau berikan kepada orang lain atau organisasi yang mau menampung dan mengolah sampah anorganik ini.

BACA JUGA:Prediksi Manchester United vs Charlton United 8 Besar Carabo Cup 2023

Demikian pula pakaian bekas layak pakai dan peralatan rumah tangga yang sudah tidak digunakan atau didaur ulang sebaiknya disumbangkan kepada yang mau menerima dan memanfaatkannya lagi.

Jangan biasakan membuang-buang makanan walau sedikit pun karena sisa-sisa makanan dapat mengeluarkan gas metana di tempat terbuka seperti TPA sampah. Kompos sisa sayuran, kulit buah dan sebagainya dari dapurmu.

Mulai olah sampah organik menjadi kompos yang dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. Kompos daun kering dan sampah, atau bawa ke sebuah tempat pendaur ulang sampah.

8. Tidak Melakukan Pencemaran Lingkungan 

BACA JUGA:Petani Keluhkan Pupuk Subsidi di Karawang Langka, Namun Pabriknya Ada di Karawang

Pencemaran lingkungan adalah keadaan ketika terdapat kontaminasi pada alam yang menimbulkan kerugian bagi lingkungan dan makhluk hidup. 

Akibat dari pencemaran di lingkungan ini yaitu mengganggu ekosistem alam, menimbulkan penyakit, dan merusak alam. 

Lingkungan yang terkontaminasi limbah akan mengganggu kehidupan organisme, dan bisa meracuni lingkungan manusia. 

Dampak-dampak tersebut nantinya juga akan berhubungan dengan terjadinya pemanasan global. *

Kategori :