Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan melalui CRM?

Kamis 22-09-2022,14:42 WIB
Reporter : Bodok
Editor : Bodok

Selain itu, supervisor dan manajer sales juga dapat menggunakan sales CRM untuk monitoring dan tracking atas semua tugas yang dilakukan oleh perwakilan sales mereka di lapangan.

4. Pantau progress pelanggan

Aplikasi CRM terbaik umumnya dilengkapi dengan pipeline yang dapat memberikan visibilitas terhadap progress pelanggan. Beberapa di antaranya menawarkan sales pipeline yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Sebab setiap perusahaan tentunya memiliki sales cycle yang berbeda-beda.

Dari sales pipeline tersebut, Anda dapat memantau progress pelanggan dan mengetahui pelanggan mana saja mungkin membutuhkan bantuan tim Anda. Dengan begitu, Anda bisa memastikan tidak ada pelanggan yang terabaikan.

5. Pahami kebutuhan pelanggan

Dengan menggunakan sistem CRM yang terintegrasi dengan aplikasi lainnya, Anda dapat dengan mudah mengetahui semua detail informasi pelanggan. Hal ini berguna untuk memahami kebutuhan mereka. 

Dengan demikian, Anda dan tim dapat menyusun strategi penjualan dan layanan pelanggan yang tepat untuk pelanggan bisnis Anda.

6. Lakukan analisis terperinci dan terprediksi

Cara meningkatkan penjualan melalui CRM selanjutnya adalah dengan melakukan analisis yang terperinci dan terprediksi. Ini artinya, Anda dapat memiliki wawasan penting terkait bisnis Anda.

Dalam hal ini, penggunaan aplikasi CRM memungkinkan Anda dan tim penjualan untuk memasukkan semua data pelanggan secara otomatis ke sistem. Lalu, data tersebut akan  dianalisis dan diprediksi secara otomatis. 

Singkatnya, Anda akan memeroleh hasil laporan analisis dan prediksi penjualan Anda secara mudah dan tepat. Hal ini tentu sangat memudahkan para marketer dan tim sales untuk meningkatkan penjualan.

7. Tawarkan diskon spesial tepat sasaran berdasarkan segmentasi pelanggan

Cara meningkatkan penjualan yang terakhir namun tidak kalah penting adalah dengan menawarkan diskon spesial yang tepat sasaran. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi CRM untuk melakukan segmentasi pelanggan.

Misalnya, Anda melakukan segmentasi untuk pelanggan yang pernah melakukan pembelian di toko Anda. Maka, aplikasi CRM akan membantu Anda untuk mengingat dan menyimpan data customer journey setiap pelanggan. Sehingga akan lebih mudah untuk Anda melakukan personalisasi dan pastinya akan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Itu dia beberapa cara meningkatkan penjualan melalui CRM yang dapat Anda coba. Sebelum melakukan cara-cara di atas, pastikan Anda sudah memiliki sistem CRM yang tepat untuk bisnis Anda. Contoh aplikasi CRM terbaik yang bisa Anda coba adalah Mekari Qontak

Aplikasi CRM Mekari Qontak dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat mendukung penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan bisnis Anda. Ini termasuk kustomisasi, akses data tak terbatas, laporan penjualan, integrasi Omnichannel, Chatbot, dan masih banyak lagi.

Kategori :