Bongkar CVT Nmax Turbo Enggak Bisa Sembarangan, Butuh Kunci dan Kehalian Khusus
Bongkar CVT Nmax Turbo Enggak Bisa Sembarangan, Butuh Kunci dan Kehalian Khusus--
PAGARALAMPOS.COM - Di tengah perkembangan teknologi otomotif yang semakin maju, Yamaha Nmax Turbo hadir sebagai perwujudan skuter matik yang tidak hanya membanggakan performa tinggi tetapi juga menuntut perawatan khusus.
Dilengkapi dengan teknologi YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission), Nmax Turbo menjanjikan kinerja CVT yang lebih canggih dan efisien.
Teknologi YECVT: Inovasi yang Mewah, Perawatan yang Terpisah
Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) adalah salah satu inovasi terbaru dari Yamaha yang membedakan Nmax Turbo dari skuter matik konvensional lainnya.
BACA JUGA:Tantangan Berat Industri Tekstil Indonesia, Begini Analisis Faisal Basri!
Sistem ini menggantikan peran roller pada puli primer dengan motor elektrik yang mengatur gerak van belt, memungkinkan pengoperasian CVT dengan lebih presisi dan performa yang lebih baik.
Namun, keunggulan teknologi ini juga datang dengan tuntutan perawatan yang spesifik.
Ferry Nurul Fajar dari Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menekankan pentingnya penggunaan kunci khusus atau Special Tool saat melakukan servis CVT pada Nmax Turbo.
Bagian puli primer yang terhubung dengan gir YECVT dilapisi dengan Molykote Grease, sebuah gemuk dengan spesifikasi khusus yang belum umum di Indonesia.
BACA JUGA:Menjelajahi Dunia Trail Honda CRF250L, Pilihan Terbaik di Kelasnya
Kendala dalam Perawatan di Bengkel Umum
Salah satu tantangan utama bagi pemilik Nmax Turbo adalah ketersediaan perawatan di bengkel umum.
Menurut Ferry, puli primer CVT Nmax Turbo tidak bisa dibongkar sembarangan karena perlindungan dari gemuk khususnya.
Hal ini menuntut pemilik kendaraan untuk melakukan servis di jaringan bengkel resmi Yamaha yang telah terbiasa dengan teknologi dan spesifikasi yang diperlukan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: