4 Dekade Melayang Diudara, Pesawat Tanker KC-10A Extender Resmi Jalani Misi Tempur Terakhirnya

4 Dekade Melayang Diudara, Pesawat Tanker KC-10A Extender Resmi Jalani Misi Tempur Terakhirnya

PAGARALAMPOS.COM - Setelah lebih dari empat dekade mendukung pengisian bahan bakar (air refueling) dan angkutan kargo udara, maka pesawat tanker multirole dari platform DC-10, yakni KC-10A Extender milik Angkatan Udara AS (USAF) diwartakan baru saja menjalani misi tempur terakhirnya.

Angkatan Udara AS sejatinya sejak tahun 2020 telah mulai memensiunkan KC-10A secara bertahap dengan mengirimkannya ke ‘kuburan pesawat’.

Foto-foto yang dipublikasikan hari ini oleh Defense Visual Information Distribution Service (DVIDS) menunjukkan sebuah KC-10A berangkat dari Prince Sultan Air Base (PSAB) di Arab Saudi, pada tanggal 5 Oktober 2023.

Menurut keterangan yang disertakan, keberangkatan Extender mengakhiri misi tempur terakhir jenis pesawat tanket tersebut.

BACA JUGA:Israel Murka, Helikopter Serang AH-64 Apache ‘Guyur’ Hamas Dengan M230 Chain Gun Dan Rudal Hellfire

Air Mobility Command (AMC) mengonfirmasi bahwa ini adalah pengerahan tempur terakhir KC-10 di mana pun di dunia, tidak hanya di Timur Tengah.


Foto : Pesawat tangker ektender-4 Dekade Melayang Diudara, Pesawat Tanker KC-10A Extender Resmi Jalani Misi Tempur Terakhirnya-Indomiliter.com

"Selama hampir empat dekade, KC-10A telah membantu mengamankan jangkauan global Amerika,” kata juru bicara AMC Jessica Brown. “Diperkirakan armada yang tersisa akan segera dipindahkan ke stasiun asalnya.”

Debut KC-10 Extender mencakup lebih dari 30 tahun yang dihabiskan di US Air Forces Central (AFCENT) yang mencakup PSAB.

Selama waktu itu, KC-10A memainkan peran penting dalam mendukung berbagai operasi militer, termasuk Enduring Freedom dan Iraqi Freedom.

BACA JUGA:Satgas TPPO Polri Selamatkan 2.778 Korban Human Trafficking

Merujuk ke sejarahnya, KC-10 Extender terbang perdana dari kandang McDonnell Douglas pada 12 Juli 1980.

Sementara resmi mulai dioperasikan AU AS pada Maret 1981. Hampir 88 persen komponen KC-10A Extender identik dengan DC-10 yang digunakan penerbangan sipil.

Ini menjadi poin penting ketertarikan pihak operator, mengingat ada kemudahan dalam sistem perawatan dan kesamaan suku cadang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: