Indonesia Hibahkan Spare Part Jet Tempur F-5E Tiger II Ke Tunisia

Indonesia Hibahkan Spare Part Jet Tempur F-5E Tiger II Ke Tunisia

Foto : Indonesia Hibahkan Spare Part Jet Tempur F-5E Tiger II Ke Tunisia.--Twitter @yudisupri_454

PAGARALAMPOS.COM - Selama ini netizen kadang mengenal Indonesia sebagai negara penerima hibah persenjataan dari negara lain, sementara sebaliknya agak jarang terdengar. 

Namun, ada kabar bahwa Indonesia telah menghibahkan paket spare part untuk jet tempur F-5E Tiger II kepada Tunisia

Negara di Afrika Utara itu sampai saat ini masih mempertahankan arsenal F-5E Tiger sebagai jet tempur andalan.

Dikutip dari akun Twitter @yudisupri_454, disebutkan proses penandatanganan hibah spare part pesawat F-5E kepada Departemen Pertahanan Tunisia berlangsung di Pusbekmatau, Surakarta.

BACA JUGA:Jet Tempur TNI AU Ditempeli Dua Pucuk Senjata Baru, Mampu Membidik Target Darat 6.000 Meter

Merujuk data Flight International World Air Forces 2023, Angkatan Udara Tunisia saat ini memiliki 11 unit F-5E. Dengan begitu harapannya bisa mendukung kebutuhan spare part pesawat mereka.

Seperti terlihat dalam postingan foto, AU Tunisia langsung menjemput spare part F-5E Tiger II ke Lanud Adi Soemarmo dengan menggunakan pesawat angkut C-130J-30 Super Hercules. 

Tidak disebutkan jenis spare part yang dikirimkan ke Tunisia, namun, seperti diketahui, sebagian besar aset F-5E Tiger II TNI AU kini telah menjadi koleksi museum dan monumen.

TNI AU menerbangkan terakhir F-5E/F Tiger II pada 28 April 2016. Persisnya dua F-5 diterbangkan untuk simulated surface attack (Phoenix Flight) sebagai misi penerbangan terakhir di langit Indonesia. 

BACA JUGA:Luar Biasa, Jet Tempur F-16 Hasil Upgrade Perkuat Angkatan Udara Turki

Dua unit F-5 yang melakukan penerbangan terakhir itu adalah pesawat dengan nomer registrasi TS-0516 yang diterbangkan Letkol Pnb Abdul Haris dan TS-0512 diterbangkan Mayor Pnb I Kadek Suta.

Angkatan Udara Tunisia telah melakukan upgrade pada armada Northrop F-5E/F Tiger II dengan avionik baru dan perbaikan pemeliharaan di bawah kontrak senilai $32 juta. 

Departemen Pertahanan AS mengumumkan kontrak senilai $32,458 juta yang diberikan kepada Northrop Grumman Systems Corporation di Florida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: