Kepala BNN RI Beri Kuliah Umum di UNSRI Sekaligus Launching Kampus Bersinar di Bumi Sriwijaya

Kepala BNN RI Beri Kuliah Umum di UNSRI Sekaligus Launching Kampus Bersinar di Bumi Sriwijaya

Kepala BNN RI Beri Kuliah Umum di UNSRI Sekaligus Launching Kampus Bersinar di Bumi Sriwijaya-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Bagai gayung bersambut, pendekatan soft power yang dilakukan BNN kepada para mahasiswa melalui kuliah umum dan kampus Bersinar mendapatkan apresiasi dan dukungan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah II yang berada di bawah nauangan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi dengan tingkat kerawanan peredaran dan penyalahgunaan narkotika cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya 714 wilayah di provinsi Sumatera Selatan yang masuk dalam kategori kawasan rawan narkoba.

Intervensi dilakukan BNN untuk menangkal hal tersebut, salah satunya yakni dilakukan melalui pendekatan soft power berupa upaya pencegahan di kalangan mahasiswa.

“Langkah konkret yang kita lakukan bukan hanya pemberantasan tetapi juga pencegahan yang salah satu bentuknya yaitu kegiatan yang dilakukan BNN bersama dengan Universitas Sriwijaya dan kampus-kampus lain di Palembang,” tukas Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose dalam kuliah umum dan launching Kampus Bersinar di Universitas Sriwijaya, Rabu (1/3).

BACA JUGA:Kementerian ATR BPN Laksanakan Tes Urine bagi ASN di Lingkungannya

Lebih lanjut Kepala BNN menyampaikan bahwa adanya kegiatan ini dilakukan dalam rangka pencegahan yang dimaksudkan untuk menurunkan demand. Menurutnya apabila demand atau permintaan terhadap narkotika dapat ditekan maka supply juga akan berkurang.

Kepala LLDikti wilayah II, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M. Satria Jaya, M.Si. mengatakan pentingnya upaya pencegahan di kalangan mahasiswa. Sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) milik Kemendikbud, pencegahan narkoba dapat dimasukan ke dalam kurikulum kampus sehingga para mahasiswa dapat menjadi duta-duta yang tidak hanya mencegah di dalam kampus tetapi juga mendidik masyarakat di luar kampus.

Sejalan dengan Kepala LLDikti wilayah II, Rektor Sriwijaya Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MScE., IPU., ASEAN.Eng. menyambut baik kampus Bersinar. Dalam kesempatan tersebut rektor Universitas Sriwijaya mengajak seluruh civitas akademika di 37 universitas/ perguruan tinggi yang hadir dalam launching kampus bersinar untuk bersama-sama memerangi narkoba.(*)

 

Berita ini telah tayang dilaman bnn.go.id dengan judul: Kepala BNN RI Berikan Kuliah Umum dan Launching Kampus Bersinar di Bumi Sriwijaya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: